Posted in Web Hosting

Tips Memilih Web Hosting Berkualitas

tips-memilih-hostingHosting atau web hosting memiliki cakupan fungsi yang cukup luas, dan tidak sebatas sebagai media penyimpanan file secara online. Meski hosting lebih identik sebagai almari file online, namun pada prakteknya fungsi hosting lebih dari sekedar media storage. Kualitas hosting akan menjadi barometer kecepatan akses dan stabilitas website atau blog itu sendiri dalam berbagai kondisi.

Pengertian Hosting

Hosting atau Layanan Web Hosting adalah sebuah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya sejumlah server untuk disewakan yang memungkinkan organisasi atau individu untuk menempatkan informasi di internet melalui website atau blog mereka.

Peladen host terdiri dari sebuah server atau gabungan beberapa server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jenis-jenis Web Hosting

Seiring dengan perkembangannya, kini terdapat beberapa jenis layanan web hosting yang dapat dipilih pengguna. Beberapa jenis web hosting yang saat ini paling banyak digunakan oleh pengembang situs web atau blogger diantaranya sebagai berikut:

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan salah satu jenis web hosting dengan jumlah pengguna terbanyak. Shared Hosting adalah sebuah layanan hosting dimana sebuah akun hosting ditaruh secara bersamaan dengan beberapa akun hosting lain dalam satu server yang sama, serta memakai layanan secara bersama-sama

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah sebuah layanan web hosting yang memiliki standar kualitas lebih baik dibanding Shared Hosting. Namun, kualitas sebuah layanan web hosting amat bergantung pada penyedia layanan web hosting itu sendiri.

Cloud Hosting juga dikenal dengan istilah Cloud Computing, yaitu sebuah layanan hosting yang terhubung ke banyak server, dimana pengguna tidak perlu khawatir akan kinerja server yang tidak stabil atau sumber daya yang terbatas.

Teknologi Cloud Computing menyediakan resource yang tidak terbatas karena terhubung ke banyak mesin (server) fisik, sehingga memudahkan kita untuk menambahkan server baru secara on the fly tanpa mengganggu proses yang sedang berjalan.

VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server), tipe hosting yang satu ini biasanya digunakan oleh komunitas pebisnis online atau blogger profesional. Mereka membutuhkan layanan web hosting bermutu tinggi untuk memastikan blog yang mereka kelola dapat bekerja secara optimal dan tidak mengalami kendala-kendala tertentu, seperti akses lambat atau gagal diakses lantaran server down.

VPS adalah layanan web hosting yang menyewakan server virtual. Dengan VPS, pengguna memiliki kebebasan dalam menentukan sistem operasi dan platform yang akan digunakan sehingga pengguna dapat mengoptimalkan performa website atau blog mereka. Dari sisi harga, layanan ini pada umumnya dibanderol lebih mahal dari Shared Hosting maupun Cloud Hosting.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting atau yang juga disebut Dedicated Server, merupakan jenis layanan web hosting level atas dengan jumlah pengguna tunggal. Tidak heran jika harga sewa dedicated server sangat mahal. Namun, untuk website-website besar memiliki Dedicated Server atau server sendiri merupakan keharusan.

Dedicated Hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan Dedicated Server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk client tunggal. Dedicated Hosting ideal untuk digunakan website-website besar dengan volume traffic tinggi setiap harinya.

Selain beberapa jenis layanan web hosting berbayar, ada juga layanan web hosting gratis. Layanan web hosting gratis biasanya disediakan oleh perusahaan web hosting untuk membangun brand mereka dengan strategi memberikan layanan hosting gratis. Namun, layanan hosting gratis memiliki banyak kekurangan dibanding hosting berbayar. Hosting gratisan lebih cocok digunakan oleh mereka yang sekedar ingin eksis di jagat maya. Sementara bagi Anda yang ingin mengelola website maupun blog secara serius, maka web hosting berbayar merupakan pilihan yang tepat.

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Secara Tepat?

Terdapat sejumlah pertimbangan mendasar yang harus diperhatikan dalam memilih layanan web hosting. Berikut beberapa kiat untuk memilih layanan web hosting sesuai kebutuhan:

1. Kondisi Website Anda

Cari tahu berapa kapasitas disk space dan bandwidth yang akan dibutuhkan website Anda. Ini akan membantu Anda untuk bisa menentukan tipe atau paket web hosting yang perlu Anda beli.

Misalkan Anda ingin membuat blog untuk tujuan mendapatkan penghasilan online dengan cara memasang iklan. Adapun blog tersebut Anda targetkan memiliki traffic kunjungan 1000-1500 orang per hari dengan jumlah artikel tidak lebih dari 200 artikel. Maka, Anda dapat memilih layanan web hosting yang menyediakan disk space >1.5 GB dengan kapasitas bandwidth >67.5 GB/bulan. Adapun cara menghitung kebutuhan bandwidth website adalah dengan menggunakan rumus berikut ini:

Visitor = 1000 / day = 30k / month
BW = 500 x 3 x 30,000 = 45,000,000 KB atau sekitar 45 GB per Bulan

Untuk ukuran kebutuhan hosting seperti diuraikan diatas, Anda dapat menyewa layanan Shared Hosting standar sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih. Sementara itu, apabila Anda menginginkan website Anda lebih optimal, pilihan yang dapat Anda ambil adalah VPS standar.

2. Fitur dan Fasilitas

Sebagian besar pemula sepertinya banyak melakukan kesalahan disini. Ketika mereka memutuskan untuk membeli layanan web hosting, mereka tidak menyadari apa saja yang nantinya akan mereka butuhkan sehingga hanya asal pilih.

Setiap layanan web hosting yang akan Anda pilih baik itu Shared Hosting maupun VPS, harus mampu mengakomodir kebutuhan situs web Anda. Adapun beberapa fitur serta fasilitas web hosting yang harus disediakan oleh provider yang akan Anda pilih diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Jumlah Website (Addon domain)

Suatu hari nanti tidak menutup kemungkinan Anda ingin mengelola lebih dari satu website. Agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dengan membeli layanan web hosting lagi, maka pastikan Anda memilih layanan web hosting yang menyediakan fitur addon domain, setidaknya 3 addon domain untuk satu layanan web hosting.

b. Jumlah Sub-domain

Seiring dengan berjalannya waktu, besar kemungkinan suatu hari nanti Anda ingin membuat sub-domain dari domain utama. Misalkan Anda ingin membuat blog Anda menjadi multiniche, dan di setiap niche Anda ingin menggunakan URL yang berbeda, maka dalam hal ini Anda bisa membuat sub-domain dari domain utama. Untuk menyikapi kebutuhan Anda dimasa mendatang, pilihlah layanan web hosting yang menawarkan fitur penggunaan sub-domain.

c. Jumlah Databases

Ini tidak kalah pentingnya dengan addon domain. Jika Anda ingin membuat blog baru pada akun hosting yang sama, maka Anda perlu membuat databases baru. Artinya, layanan web hosting yang Anda gunakan harus membebaskan Anda untuk membuat beberapa databases.

d. Jumlah Akun Email

Perlu diketahui juga berapa jumlah akun email yang ditawarkan provider web hosting yang akan Anda pilih. Merujuk pada tingkat kebutuhan akun email pengelola website atau blogger pada umumnya mereka membutuhkan >3 akun email. Jika akun email dibatasi, pastikan pembatasan tersebut setidaknya tetap memungkinkan Anda untuk membuat lebih dari 3 akun email.

3. Menyediakan Fasilitas Backups

Fasilitas backups akan memberikan Anda perlindungan. Dengan adanya fasilitas backups ini Anda akan terhindar dari kejahatan cyber yang tak kalah mengancam.

Backups berfungsi mengembalikan kondisi file website ke kondisi semula jika terjadi sesuatu dengan file website tersebut. cPanel hosting menyediakan ftur backups data bawaan, dan Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini sebagai langkah untuk berjaga-jaga.

Setiap penyedia layanan web hosting harus menyediakan fasilitas yang satu ini. Jika fasilitas ini tidak tersedia, maka sebaiknya Anda beralih ke penyedia lain.

4. Mutu Layanan

Memastikan kualitas layanan web hosting melebihi sisi pertimbangan apapun. Seperti disebutkan pada bagian awal paragraf, hosting memiliki cakupan fungsi yang cukup luas, dan tidak sebatas sebagai media penyimpanan.

Terlepas dari sisi pertimbangan penting lainnya, mengenali kualitas layanan web hosting yang akan Anda pilih adalah sebuah prioritas.

Anda dapat dengan mudah menguak mutu layanan web hosting dengan memperhatikan beberapa indikator, diantaranya sebagai berikut:

  • Reputasi perusahaan
  • Popularitas website provider
  • Jumlah pengguna
  • Review pengguna
  • Standar dukungan perangkat
  • Test waktu muat website pengguna

Untuk mengecek kecepatan hosting sebuah website, Anda dapat menggunakan web tools check-host.

5. Dukungan Teknis

Selama menggunakan layanan web hosting, besar kemungkinan Anda akan menjumpai masalah tertentu, terlebih lagi jika Anda notabene seorang pemula. Untuk memastikan setiap permasalahan web hosting yang nantinya akan Anda jumpai dapat tersolusikan secara cepat, maka Anda membutuhkan penyedia layanan web hosting yang menyiapkan tim dukungan teknis terbaik.

Setiap perusahaan jasa web hosting profesional pada umumnya menawarkan dukungan teknis selama 24 jam non-stop untuk client. Mereka mestinya bekerja secara tanggap dan responsive terhadap kendala yang disampaikan client.

6. Sistem Keamanan

Bayangkan, Anda sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun website Anda, dan website Anda kehilangan data atau file-file penting karena terdapat celah pada sistem proteksi web hosting yang Anda gunakan, tentunya Anda tidak ingin mengalami kejadian semacam ini, bukan?

Pertimbangkan fitur keamanan yang disiapkan provider web hosting yang masuk dalam daftar seleksi Anda. Agar Anda dapat terhindar dari kerugian-kerugian yang disebabkan oleh lemahnya sistem keamanan web hosting, pastikan Anda memilih provider yang memiliki sistem keamanan berlapis. Layanan web hosting terbaik adalah web hosting yang menjamin keamanan data para client.

7. Pertimbangan Harga

Harga terbaik tentu saja harga termurah. Namun, pada umumnya banderol layanan web hosting berbayar tidaklah murah. Maklum saja, karena untuk dapat memberikan layanan web hosting bermutu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga sangat masuk akal jika harga sewa web hosting secara umum masih terbilang mahal.

Meski harga dapat dijadikan barometer kualitas, namun harga murah juga tidak selalu mencirikan rendahnya kualitas. Jadi, tugas Anda adalah menemukan provider web hosting yang menawarkan harga terbaik, namun kualitas layanan mereka tetap menjadi prioritas.

8. Garansi Uang Kembali

Sebagai konsumen, tentunya Anda membutuhkan jaminan, bukan? Terlepas dari pengamatan yang Anda lakukan sebelum membuat pilihan, tetap saja ada kemungkinan mutu layanan hosting yang Anda pilih tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Untuk mensiasati hal tersebut, pilihlah penyedia layanan web hosting yang menawarkan garansi pengembalian uang sehingga Anda menjadi terjamin.

Sebagai catatan, saat ini sebagian besar provider hosting baik luar maupun dalam negeri sudah memberikan kemudahan dengan memberlakukan garansi uang kembali. Ini sebagai bentuk upaya provider bersangkutan untuk meyakinkan calon konsumen bahwa layanan yang mereka tawarkan memang memiliki kualitas.

Jika Anda tidak memiliki keyakinan yang cukup, sebaiknya hindari memilih provider yang tidak menawarkan garansi pengembalian uang. Selain membuat Anda dihadapkan pada resiko, pada dasarnya hal tersebut juga sebagai cerminan atau indikator mutu layanan hosting mereka dibawah standar. Secara logis dapat disimpulkan, jika layanan yang ditawarkan memang berkualitas, kenapa keberatan memberikan garansi?

Rekomendasi Perusahaan Hosting Terbaik di Indonesia

Ardetamedia.com merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan web hosting terbaik dalam negeri yang menawarkan sejumlah benefits untuk para penggunanya. Ardetamedia menawarkan layanan web hosting berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau untuk beragam jenis situs web, baik itu situs korporasi, personal blog, situs toko online, web forum, dsb. Lebih lanjut tentang kelebihan Ardetamedia, silakan simak artikel Review Ardetamedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *